5 Jenis Sensor Pada Pintu Otomatis yang Harus Anda Ketahui – Banda Aceh

Pernahkah anda berfikir atau membayangkan sejenak bagaimana cara kerja pintu otomatis terbuka tanpa adanya aba-aba atau perintah yang di berikan?
Mungkin kita sering melihat pintu terbuka secara otomatis, secara kasat mata pintu terlihat sederhana tanpa adanya sistem yang rumit, akan tetapi kenyataan yang sebenarnya pintu tidak sesederhana seperti yang terlihat, di dalam rangkaian pintu terdapat serangkaian sistem yang kompleks dengan mesin motor beserta elektronik yang berkerja secara bersamaan untuk membuka dan menutup pintu dengan sempurna.

piintu kaca otomatis

Biasanya sensor di letakan dibagian atas pintu, tapi tidak tutup kemungkinan ada juga yang diletakannya di tempat yang lain. Dengan adanya sensor dipintu banyak yang merasakan manfaat yang ada pada sistem yang dibuat. Ketika seseorang berada didekat pintu tersebut, maka sensor pun akan langsung mendeteksi dan bekerja dengan membaca keberadaan objek, sistem pun akan langsung bekerja dengan cara mengerakan motor yang ada pada pintu tersebut secara otomatis untuk membuka atau menutup pintu. Tahukah anda beberapa jenis sensor yang terdapat pada pintu otomatis? Berikut berbagai jenis sensor yang biasa pada umumnya ada pada sistem pintu otomatis.

1. Sensor Gerakan

Sensor yang pada umumnya di gunakan sebagai sensor pendeteksi gerakan, sensor dapat mendeteksi gerakan seseorang sebagai tanda atau alarm untuk membuka pintu secara otomatis. Sensor ini memancarkan gelombang mikro untuk mendeteksi objek yang berada di sekitar yang terdapat pada pintu, jika ada objek yang terbaca oleh sistem maka pintu akan terbuka secara otomatis.

Pintu Kaca Otomatis di Aceh

2. Sensor Jarak Jauh

Sensor ini membutuhkan remote sebagai pengendali jarak jauh yang secara manual di operasikan manusia untuk mengerakan mesin motor yang berada di pintu. Pada umumnya pengendali jarak jauh di gunakan sebagai perintah dari kejauhan untuk mengendalikan pintu ketika ingin di buka dan di tutup. Pintu yang sering menggunakan sensor tersebut salah satu nya adalah pintu pagar atau garasi otomatis.

3. Sensor Cahaya

Sensor cahaya atau juga di sebut sensor optik, komponen yang terdapat pada sensor ini berupa elektronika sistem sebagai pengubah besaran cahaya atau optik yang menjadi besaran elektrik. Cara kerja dari alat ini adalah mengubah energi dari foton menjadi elektron. Sensor cahaya sangat luas penggunaanya, idelnya satu foton dapat membangkitkan satu elektron. Sensor ini menggunakan sinar infra merah yang di posisi kan melintang layaknya tirai. Ketika objek berada di sekitar maka sensor langsung bekerja, sensor bekerja berdasarkan objek yang menghalangi sinar. Sensor ini bekerja berdasarkan perintah objek yang menghalangi sinar inframerah yang di pasang mengakibatkan pintu otomatis terbuka dan tertutup.

4. Sensor Suhu

Sensor jenis ini sering di sebut sensor panas tubuh, sensor ini sangat rumit dari yang lainnya. Cara kerja sensor ini membaca objek yang bergerak, dengan kata lain bila seseorang bergerak di sekitar sensor.Maka akan tercipta panas yang bervariasi mengakibatkan pintu akan secara otomatis terbuka dan tertutup. Bila seseorang tidak bergerak atau dalam keadaan diam, maka sensor akan membaca dengan mengartikan tidak ada energi panas yang di hasilkan karena suhu tidak akan terditeksi, maka pintu tidak akan terbuka dan sistem hanya menditeksi suhu yang sama dengan lingkungan sekitar.

5. Sensor Tekanan

Prinsip sistem yang bekerja di sensor tekanan memiliki keunikan tersendiri. Mungkin kalian tidak menyadari keberadaan di mana sensor di letakan di saat pintu otomatis terbuka? Cara kerja sensor ini mengubah tekanan mekanis menjadi sinyal litrik. Sensor tekanan biasanya di letakan di lantai lebih tepatnya di bawah keset kaki yang berada di depan pintu. Sensor akan berkerja atau membaca objek dari tekanan yang berada di atas mengakibatkan pintu akan terbuka secara otomatis. Bila tidak ada tekanan maka pintu akan tertutup.

Kesimpulannya bahwa pintu otomatis bekerja karena adanya sensor yang di pasang, sensor akan mendeteksi keberadaan objek disekitar khusus nya manusia yang akan melewati pintu tersebut, sensor akan mendeteksi dan langsung mengaktifkan sistem untuk mengerakan motor yang dapat membuka ataupun menutup pintu secara otomatis.

Anda butuh sensor untuk pintu otomatis di Banda Aceh? Temukan beragam jenis keperluan interior rumah anda di Naseni Glass. Kami menyediakan beragam jenis keperluan interior mulai dari aksesoris kaca, pintu dan aksesoris lain dari beragam jenis produsen terbaik!

Pintu Kaca Otomatis Pintu Kaca Otomatis | Banda Aceh Pintu Kaca Otomatis | Banda Aceh Pintu Kaca Otomatis | Banda Aceh Pintu Kaca Otomatis | Banda Aceh Pintu Sensor Kaca | Banda Aceh Pintu Sensor Kaca | Banda Aceh Pintu Sensor Kaca | Banda Aceh Pintu Kaca Otomatis di Aceh Pintu Kaca Otomatis di Aceh Pintu Kaca Otomatis di Aceh Pintu Kaca Otomatis Pintu Kaca OtomatisPintu kaca otomatis | Banda Aceh Pintu kaca otomatis | Banda Aceh Pintu kaca otomatis | Banda Aceh Pintu kaca otomatis | Banda Aceh Pintu Kaca otomatis | Automatic Sliding Doors | Banda Aceh Pintu Kaca otomatis | Automatic Sliding Doors | Banda Aceh Pintu Kaca otomatis | Automatic Sliding Doors | Banda Aceh Pintu Kaca otomatis | Automatic Sliding Doors | Banda Aceh piintu kaca otomatis piintu kaca otomatis piintu kaca otomatis

error:
Open chat
Konsultasi Gratis Sekarang!