Apa Beda UPVC dan Aluminium?

Semua orang pasti memiliki rumah idaman. Tidak hanya desain yang bagus, tapi juga ingin memiliki rumah yang nyaman dan bisa bertahan lama. Detail-detail kecil seperti memilih kusen pintu dan jendela dapat mempengaruhi kenyamanan rumah Anda. UPVC dan aluminium adalah dua dari sekian banyak material yang populer digunakan untuk kusen pintu dan jendela. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, seperti contohnya harga UPVC lebih terjangkau dari pada kusen yang menggunakan aluminium.

UPVC dan Aluminium

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan UPVC dan Aluminium untuk kusen pintu dan jendela :

  1. Harga

Seperti yang di sebutkan sebelumnya harga UPVC lebih murah daripada aluminium, meskipun ada juga yang menjual kusen aluminium lebih murah. Namun perlu di perhatikan juga, UPVC adalah material yang tidak kaku, sehingga bisa mencocokan dengan bentuk jendela atau pintu yang berbentung melengkung bahkan melingkar. Berbeda dengan aluminium yang kaku, jika sudah di buat final namun ternyata tidak sesuai dengan bentuk jendela atau pintu, maka pembuatan kusen harus di ulang kembali.

  1. Kekuatan

Secara garis besar, kusen UPVC dan aluminium sama-sama kuat. Namun aluminium bisa mengalami korosi. Berbeda dengan UPVC yang berbahan plastik. Selain itu UPVC sangat kuat untuk menghadapi cuaca terburuk sekalipun, berbeda dengan aluminium yang bisa merambatkan panas dan akhirnya merusak bentuk dan kekuatannya.

  1. Tahan Lama

Seperti sebelumnya, aluminium bisa mengalami korosi yang bisa mengurangi umur kusen jendela dan pintu. Selain itu aluminium bisa juga mengalami kesusutan. Hal ini di karenakan bahan aluminium itu sendiri. UPVC dengan bahan plastik bisa berumur lebih lama daripada aluminium.

  1. Warna

Warna kusen aluminium bisa bertahan lebih lama daripada UPVC. Namun ada beberapa UPVC yang menggunakan lapisan khusus untuk mempertahankan warnanya.

  1. Pemasangan

UPVC membutuhkan orang yang memiliki keahlian khusus dan berpengalaman untuk memasang, karena pemasangannya cukup rumit, menggunakan teknik pembakaran/pemanasan. Untuk aluminium pemasangan menggunakan sekrip di bagaian sambungan sudut kusen. Karena hal ini juga, UPVC jauh lebih baik dalam menahan udara, air, bahkan suara dari luar yang bisa menggangu kenyamanan pemilik rumah.

Sekian kelebihan dari kusen UPVC di bandingkan dengan kusen berbahan aluminium. UPVC adalah pilihan terbaik untuk rumah idaman Anda!

NASENI GLASS BANDA ACEH

error:
Open chat
Konsultasi Gratis Sekarang!